Artificial Intelligence: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Penerapannya dalam Dunia Digital

 

Apa itu Artificial Intelligence?

Artificial Intelligence atau AI biasanya juga disebut sebagai kecerdasan buatan, berasal dari teknologi yang dibuat dan dikembangkan oleh manusia. Pada dasarnya, Artificial Intelligence dibuat menyerupai kecerdasan manusia meskipun sejauh ini masih tidak sepenuhnya sepandai manusia, yang mana hal ini membuat pengoperasian AI masih membutuhkan otak manusia.

Namun, penggunaan kecerdasan buatan ini dapat diterapkan dalam berbagai aspek pada kehidupan manusia. Bahkan, di smartphone kamu sendiri juga sudah banyak yang menerapkan teknologi Artificial Intelligence.

Apa Saja Fungsi Artificial Intelligence?

Hadirnya Artificial Intelligence diciptakan untuk melaksanakan beberapa fungsi. Berikut adalah fungsi Artificial Intelligence yang perlu kamu ketahui!

1. Membantu Manusia dalam Melakukan Suatu Pekerjaan

Sama seperti teknologi pada awal ditemukan, Artificial Intelligence diciptakan untuk membantu manusia dalam melakukan suatu pekerjaan. Artificial Intelligence memiliki beberapa keunggulan meskipun sama-sama masih dioperasikan menggunakan otak manusia. Namun, AI tidak membutuhkan otak manusia yang mendominasi. Menggunakan AI dalam pekerjaan, sebagian besar hanya membutuhkan suatu instruksi tanpa harus mengoperasikan secara keseluruhan.

2. Meminimalisir Kesalahan pada Pekerjaan

Fungsi Artificial Intelligence selanjutnya adalah untuk meminimalisir kesalahan pada pekerjaan. Teknologi AI akan membantu kamu untuk tidak perlu lagi khawatir perihal kesalahan minor yang mungkin saja terjadi. Contohnya seperti kesalahan ejaan pada kata ketika menulis sesuatu. Bantuan teknologi AI akan mampu mendeteksi kesalahan tersebut dan memberi tahu kamu atau otomatis memperbaiki kesalahan tersebut.

3. Otomatisasi Pekerjaan

Otomatisasi pekerjaan yang ditawarkan Artificial Intelligence seperti mengurangi langkah-langkah ketika kamu menggunakan teknologi. Setiap teknologi pasti mempunyai langkah tersendiri dalam sistem pengoperasiannya. Berbeda dengan AI, kamu hanya perlu memberikan instruksi, kemudian AI akan menjalankan sesuai dengan instruksi tersebut.

Apa Saja Manfaat Artificial Intelligence?

Setelah mengetahui fungsi Artificial Intelligence, kira-kira apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan Artificial Intelligence? Berikut adalah deretan manfaat yang bisa kamu rasakan dengan menerapkan Artificial Intelligence!

1. Meningkatnya Efektivitas dan Keefisienan 

Fungsi otomatisasi pekerjaan yang dimiliki Artificial Intelligence akan menambah tingkat efektivitas dan keefisienan kamu dalam melakukan pekerjaan. Jadi, kamu bisa mengerjakan pekerjaan sebanyak apapun dengan sangat efektif dan efisien karena bantuan Artificial Intelligence.

2. Meningkatnya Produktivitas

Masih perihal otomatisasi dan juga minimnya kesalahan, kamu tidak perlu lagi melakukan pemeriksaan terhadap pekerjaan berkali-kali. Selain menghemat waktu, hal ini mampu membantu untuk mengerjakan pekerjaan yang banyak dalam waktu yang singkat. Jadi, kamu bisa memenuhi banyak target dalam pekerjaan, sehingga produktivitas meningkat dan target terpenuhi.

3. Menghemat SDM

Manfaat yang satu ini sangat berguna bagi suatu perusahaan. Mengapa bisa seperti itu? Penggunaan Artificial Intelligence mampu meningkatkan produktivitas dan memenuhi target pada satu pekerja, sehingga suatu perusahaan tidak perlu menambah SDM lagi jika ingin menambah target bisnisnya. Cukup dengan menggunakan Artificial Intelligence, pekerjaan akan selesai tepat waktu tanpa harus melakukan rekrutmen pekerja lagi.

Apa Saja Contoh Artificial Intelligence?

Kira-kira apa saja contoh Artificial Intelligence yang ada di sekitar kamu? Tidak perlu secanggih robot di film Hollywood, berikut adalah Artificial Intelligence yang tidak kamu sadari sangat sering digunakan dalam sehari-hari!

1. Face ID

Sangat tidak mungkin bila pada zaman yang sudah serba canggih ini, kamu tidak menggunakan smartphone. Untuk membuka smartphone, terkadang kamu memilih untuk menggunakan Face ID. Identifikasi wajah pemilik smartphone sebagai keamanan perangkat tentunya menggunakan Artificial Intelligence agar dapat bekerja secara maksimal dan tentunya tidak mengalami kesalahan ketika mendeteksi.

2. Rekomendasi Belanja Online

Jika kamu sering berbelanja online, sering kali aplikasi yang digunakan memunculkan rekomendasi produk padahal kamu sedang tidak mencari produk tersebut. Hal ini terjadi karena peran Artificial Intelligence di dalamnya yang melakukan pemindaian (scanning) terhadap pencarian kamu, sehingga dapat memunculkan produk yang paling sering dicari.

3. Mesin Pencari

Mesin pencari atau search engine adalah contoh Artificial Intelligence yang paling sering digunakan. Mesin pencari tidak akan semudah itu untuk mengetahui apa keinginan penggunanya tanpa adanya kata kunci. Namun, ketika pengguna mesin pencari memberi kata kunci, algoritma mesin pencari dibantu dengan Artificial Intelligence akan menampilkan semua hal yang berhubungan dengan kata kunci tersebut.

4. Media Sosial

Media sosial juga menerapkan Artificial Intelligence dalam penggunaannya. Ketika kamu membuka salah satu platform media sosial, pasti akan selalu tersaji berita atau informasi terkini. Hal ini tidak akan bisa dilakukan jika media sosial tidak menerapkan Artificial Intelligence.

5. Fitur Pemeriksa Ejaan

Fitur dan aplikasi pemeriksa ejaan adalah contoh Artificial Intelligence terakhir yang paling sering digunakan terutama untuk pelajar. Ketika terjadi kesalahan, pengguna fitur atau aplikasi akan selalu diberitahu dengan tanda tertentu bahwa ejaannya salah. Konsep ini tentunya tidak bisa terjadi tanpa bantuan Artificial Intelligence.

Bagaimana Cara Penerapan Artificial Intelligence dalam Dunia Digital?

Dunia makin berkembang ke arah digitalisasi dan Artificial Intelligence memiliki andil yang cukup besar di dalamnya. Lalu, bagaimana cara penerapan Artificial Intelligence dalam proses digitalisasi ini? Berikut adalah cara penerapan yang perlu untuk kamu ketahui!

1. AI pada Pemasaran

Artificial Intelligence bisa diterapkan dalam dunia pemasaran dan bisnis, terutama perihal digital marketing. Jika kamu memiliki bisnis yang memanfaatkan media sosial, ini adalah langkah awal untuk menerapkan Artificial Intelligence dalam pemasaran bisnismu. Gunakan fitur metrik pada media sosial untuk memahami pelanggan bisnis kamu agar dapat menentukan strategi yang tepat.

2. AI pada Pembelajaran

Selanjutnya adalah dalam dunia pembelajaran. Ketika kamu dapat mengikuti pembelajaran negara yang berbeda dengan menyediakan fitur penerjemah atau transkrip, maka kamu secara resmi menerapkan Artificial Intelligence dalam pembelajaran.

3. AI pada Manufaktur

Ketika proses produksi sudah menggunakan teknologi, terkadang masih sering terjadi kesalahan dalam prosesnya. Untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan seperti, kamu bisa coba menerapkan Artificial Intelligence untuk mengetahui potensi kesalahan yang akan terjadi pada proses produksi.

rokokslot

rokokslot

rokokslot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top