CEO News Corp Australia: Pembuat Aplikasi AI Harus Membayar untuk Konten Berita

CEO News Corp Australia, Michael Miller, mengatakan bahwa pembuat aplikasi kecerdasan buatan (AI) harus membayar untuk berita dan konten yang digunakan untuk meningkatkan produk mereka. Ini menjadi isu terbaru yang muncul seiring popularitas ChatGPT di seluruh dunia.

Dalam sebuah editorial di The Australian pada 2 April, Michael Miller meminta “pencipta jurnalisme dan konten asli” untuk menghindari kesalahan masa lalu yang “menghancurkan industri mereka” dengan membiarkan perusahaan teknologi mengambil keuntungan dari penggunaan cerita dan informasi mereka tanpa kompensasi.

Chatbot adalah perangkat lunak yang menyerap berita, data, dan informasi lain untuk menghasilkan respons terhadap permintaan yang meniru ucapan manusia tertulis atau lisan, yang paling terkenal adalah chatbot ChatGPT-4 oleh perusahaan kecerdasan buatan OpenAI.

Menurut Miller, laju cepat AI generatif mewakili langkah lain oleh perusahaan digital yang kuat untuk mengembangkan “tempat emas baru untuk memaksimalkan pendapatan dan keuntungan dengan mengambil konten kreatif orang lain tanpa memberi kompensasi bagi pekerjaan asli mereka.”

Menggunakan OpenAI sebagai contoh, Miller mengklaim perusahaan “dengan cepat membangun bisnis” senilai 30 miliar dolar AS (Rp460 triliun) dengan “menggunakan konten dan kreativitas orang lain tanpa remunerasi dan atribusi.”

Pemerintah federal Australia menerapkan Kode Perdagangan Berita pada 2021, yang mewajibkan platform teknologi di Australia membayar penerbit berita untuk konten berita yang tersedia atau dihubungkan di platform mereka.

Miller mengatakan bahwa perlu adanya hukum serupa untuk AI, sehingga semua pencipta konten secara tepat mendapat kompensasi untuk pekerjaan mereka.

“Para pencipta layak mendapat penghargaan atas karya asli mereka yang digunakan oleh mesin AI yang merampok gaya dan nada tidak hanya jurnalis tetapi (untuk menyebutkan beberapa) musisi, penulis, penyair, sejarawan, pelukis, pembuat film, dan fotografer,” kata Miller dikutip Cointelegraph.

Lebih dari 2.600 pemimpin teknologi dan peneliti baru-baru ini menandatangani surat terbuka yang meminta penangguhan sementara pada pengembangan kecerdasan buatan (AI) selanjutnya, karena khawatir akan “risiko besar bagi masyarakat dan kemanusiaan.”

Sementara itu, pengawas Italia yang bertanggung jawab atas perlindungan data mengumumkan pemblokiran sementara ChatGPT dan membuka penyelidikan atas dugaan pelanggaran aturan privasi data.

Miller percaya pencipta konten dan perusahaan AI dapat saling menguntungkan dari kesepakatan, daripada pemblokiran atau larangan teknologi.

Dia menulis bahwa dengan “guardrail yang tepat,” AI memiliki potensi untuk menjadi sumber jurnalisme yang berharga. Ini dapat membantu dalam membuat konten, “mengumpulkan fakta lebih cepat,” membantu menerbitkan di beberapa platform, dan dapat mempercepat produksi video.

Industri kripto juga mulai melihat lebih banyak proyek yang menggunakan kecerdasan buatan (AI), meskipun masih dalam tahap awal.

Miller percaya mesin AI menghadapi risiko keberhasilan masa depan mereka jika mereka tidak dapat meyakinkan publik bahwa informasi mereka dapat dipercaya dan kredibel, menambahkan bahwa “untuk mencapai hal ini mereka harus secara adil mengkompensasi orang-orang yang menyediakan substansi untuk kesuksesan mereka.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top